Jumat, 06 April 2012

MEMILIH PENDEKATAN PENELITIAN


A.    Jenis-jenis Pendekatan

Langkah memilih pendekatan ini sebenarnya bisa lebih tepat ditempatkan setelah peneliti menentukan dengan tegas variable penelitian. Dalam hal ini antara penentuan variable penelitian dan pemilihan pendekatan sebenarnya dilakukan maju-mundur, bolak-balik. Variable penelitian memang sangat menentukan bentuk atau peranannya dalam menentukan perincian variable secara teliti.

Memilih pendekatan yang cocok merupakan salah satu unsur yang penting dalam melakukan suatu penelitian. Untuk menentukan pendekatan penelitian, maka kita terlebih dahulu harus mengetahui beberapa jenis pendekatan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pendekatan suatu penelitian ditentukan berdasarkan jenis penelitian apa yang kita lakukan. Jadi jenis-jenis pendekatan juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis penelitian yang kita lakukan, adapun jenis-jenis pendekatan adalah sebagai berikut :

1.     Jenis Pendekatan menurut Teknik Samplingnya

Jenis pendekatan ini menggunakan objek yang diteliti dalam menggambil pendekatan suatu penelitian. Yang termasuk kedalam jenis pendekatan ini adalah :

a.      Pendekatan Populasi

Dalam pendekatan populasi, peneliti menggunakan populasi atau seluruh komponen dari subjek penelitian sebagai sumber data dalam penelitian tersebut. Jadi yang menjadi target pendekatan penelitian ini adalah populasi.

b.     Pendekatan Sampel

Seringkali terjadi bahwa peneliti tidak dapat melakukan studi terhadap semua anggota yang menjadi objek penelitian, sehingga mereka hanya mampu mengambil sebagian dari populasi (sampel), dalam penelitian ini biasanya digunakan pendekatan sampel.

Pendekatan ini biasanya diterapkan terhadap penelitian yang populasinya cukup besar sehingga untuk mengumpulkan datanya membutuhkan tenaga, pemikiran, dan dana yang besar sehingga menyulitkan peneliti dalam mengumpulkan datanya.

c.      Pendekatan Kasus

Penelitian kasus adalah penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang suatu keadaan tertentu yang ada sekarang dan interaksi linkungan suatu unit sosial: individu, kelompok lembaga atau masyarakat. Studi kasus pada dasarnya mempelajari secara intensif seorang individu yang dipandang mengalami suatu kasus tertentu. Misalnya, mempelajari secara khusus anak nakal, anak yang tidak bisa bergaul dengan orang lain atau anak yang selalu gagal belajar.

Peneliti memilih salah satu kasus dan mempelajarinya secara mendalam dan dalam jangka waktu tertentu. Artinya peneliti mengungkap semua variabel yang menyebabkan terjadinya kasus tersebut. Tekanan utama dalam studi kasus adalah mengapa individu melakukan hal tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan.



2.     Jenis Pendekatan menurut Timbulnya Variabel

Yang termasuk kedalam jenis pendekatan menurut timbulnya variabel adalah :

a.      Pendekatan Non-Eksperimen

Pendekatan Non-eksperimen adalah penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan/menggambarkan variabel masa lalu dan sekarang (sedang terjadi). Misalnya, penelitian mengenai kemunduran prestasi belajar siswa, kemunduiran rasa tanggung jawab.

b.     Pendekatan Eksperimen

Pendekatan Eksperimen adalah penelitian yang dilakukan terhadap variabel-variabel yang akan datang, penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan apa-apa yang akan terjadi bila variabel-variabel tertentu dikontrol atau dimanipulasi secara tertentu.

Jadi pendekatan ekperimen dapat diartikan sebagai pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian eksperimen.



3.     Jenis Pendekatan menurut Pola-pola atau Sifat penelitian Non-eksperimen

Yang termasuk kedalam jenis pendekatan penelitian menurut pola-pola sifat peneliatian Non-eksperimen adalah sebagai berikut :

a.      Pendekatan Kasus (case-studies)

Selain dapat dikumpulkan dari berbagai sumber pustaka yang telah ada, pengumpulan data suatu penelitian dapat pula dilakukan dengan mengadakan kuliah kerja (field work). Salah satu bentuk dari kuliah kerja itu adalah case study, yang dalam sejarah pertumbuhannya mula-mula dipergunakan untuk menggambarkan dan menunjang suatu pendapat atau dalil. Pendekatan ini digunakan untuk memecahkan suatu problema melalui pengumpulan data dalam bentuk beberpa case yang kongkret dan terperinci.

b.     Pendekatan Kausal Komparatif

Pendekatan Kausal Komparatif adalah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan cara berdasarkan atas pengamatan terhadap akibat yang ada, mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu.

Hal ini berlainan dengan metode eksperimental yang mengumpulkan datanya pada waktu kini dalam kondisi yang dikontrol. Misalnya, penelitian sikap santai siswa dalam kegiatan belajar, mungkin menyebabkan banyaknya lulusan pendidikan tertentu yang tidak mendapat lapangan kerja.

c.      Pendekatan Korelasi

Penelitian korelasional adalah penelitian yang dilakukan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Jadi dalam menggunakan pendekatan ini, peneliti dituntut mempelajari dua variabel atau lebih, yakni sejauh mana variabel dalam satu variabel berhubungan dengan variabel lain. Misalnya, studi mempelajari hubungan antara skor pada tes masuk perguruan tinggi dengan indeks prestasi.

d.     Pendekatan Histori

Pendekatan historis yaitu usaha untuk mempelajari dan mengenali fakta-fakta dan menyusun kesimpulan mengenai peristiwa-peristiwa masa lampau. Disini peneliti dituntut menemukan fakta, menilai dan menafsirkan fakta yang diperoleh secara sistematis dan objektif untuk memahami masa lampau. Temuan-temuan masa lampau tersebut dapat dijadikan bahan untuk masa yang sekarang dan meramalkan peristiwa yang akan datang.



e.      Pendekatan Filosofis

Dari uraian jenis-jenis pendekatan penelitian menurut pola-pola atau sifat penelitian Non-eksperimen, maka dapat dikelompokan bahwa jenis pendekatan penelitian kasus (case-studies), pendekatan penelitian kausal komparatip dan penelitian korelasi dapat dinamakan juga sebagai penelitian deskriptif.



4.     Jenis Pendekatan menurut Model Pengembangan atau Model Pertumbuhan

Yang termasuk kedalam jenis pendekatan menurut model pengembangan atau model pertumbuhan adalah :

a.      One-shot Model

Pendekatan one-shot model adalah model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada suatu saat. Misalnya, penelitian yang dilakukan untuk meneliti perkembangan motorik pada anak usia 1 tahun, penelitian dilakukan pada satu waktu terhadap satu kelompok.

b.     Longitudinal Model

Pendekatan longitudinal model adalah mempelajari berbagai tingkat pertumbuhan dangan cara mengikuti perkembangan individu-individu yang sama. Misalnya, meneliti perkembangan motorik sekelompok anak umur 7 bln, 8, 9, 10, 11, 12 bulan, dst, dengan demikian, penelitian dilakukan pada beberapa waktu terhadap 1 kelompok.

c.      Cross-sectional model atau pendekatan silang

Pendekatan cross-sectional model atau pendekatan silang adalah gabungan antara one-shot model dan longitudinal metodel untuk memperoleh data yang lebih lengkap yang dilakukan dengan cepat, sekaligus dapat menggambarkan perkembangan individu selama dalam masa pertumbuhan karena mengalami subjek dari berbagai tingkat umur.



5.     Jenis pendekatan menurut desain atau rancangan penelitiannya

Walaupun ada beberapa jenis desain atau rancangan penelitian, namun secara garis besar ada tiga rancangan dasar yaitu:

a.      Rancangan rambang luar

b.     Rancangan ulangan

c.      Rancangan factorial

Campbell dan Stanly membagi jenis-jenis desain ini berdasarkan atas baik buruknya eksperimen, atau sempurna tidaknya eksperimen. Secara garis besar mereka mengelompokan menjadi:

1.     Pre Eksperimental Design

Jenis ini seringkali dipandang sebagai eksperimen yang tidak sebenarnya. Oleh karena itu sering disebut juga dengan istilah quasi experiment atau eksperimen pura-pura. Disebut demikian karena eksperimen jenis ini belum memenuhi persyaratan seperti cara eksperimen yang dapat dikatakan ilmiah mengukuti peraturan-peraturan tertentu.

Ada tiga jenis design yang dimaksukkan ke dalam kategori pre experimental design, diantaranya:

a.      One shot case study

Desain ini sangat sederhana sehingga kurang bernilai ilmiah, peneliti hanya mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh.

Kemudian diadakan post test, dari hasil post test diambil kesimpulan dengan dua cara, yaitu dengan melihat rata-rata hasil dan membandingkan dengan standar yang diinginkan dan dibandingkan dengan rata-rata test sebelum treatment.

b.     Pre test and post test group

Didalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen, observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre test dan observasi yang dilakukan setelah eksperimen disebut post test.

c.      Static group comparison

Pada design ini sudah ada kelompok lain sebagai standar eksternal.

2.     True Experimental Design

Yaitu jenis-jenis eksperimen yang dianggap sudah baik karena sudah memenuhi persyaratan, yang dimaksud dengan persyaratan dalam eksperimen adalah adanya kelompok lain yang tidak dikenal eksperimen dan ikut mendpatkan pengamatan.



B. Penelitian Tindakan

Dari penjelasan tentang berbagai midel eksperimen tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penelitian eksperimen sifatnya ketat dalam arti bahwa desainnya harus mantap dan tidak dapat  berubah selama penelitian berlangsung. Sekitar kira-kira sepuluh tahun yang lalu muncul sebuah pendekatan penelitian yang langsung menjadi terkenal. Pendekatan tersebut dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini muncul karena adanya kesadaran pelaku kegiatan yang merasa tidak puas dengan hasil kerjanya. Dengan didasari atas kesadaran sendiri pelaku ang bersangkutan mencoba menyempurnakan pekerjaannya denga cara melakukan percobaan yang dilakukan berulang-ulang prosesnya diamati dengan sungguh-sungguh sampai mendapatkan proses yang dirasakan memberukan hasil yang lebih baik dari semuanya.

            Mengingat bahwa permasalahan pendidikan itu tidak hanya terjadi dikelas saja, tetapi juga diluar kelas tetapi masih di dalam lingkup sekolah maka guru dapat melakukan perbaikan terhadap proses kerjanya. Oleh karena itu istilah Penelitian Tindakan Kelas dapat dimaknai sempit istilah yang lebih luasnya adalah Penelitian Tindakan, dengan istilah tersebut maka bukan hanya guru saja yang dapat melakukan penelitian dengan pendekatan ini tetapi juga kepala sekolah dan pengawas bahkan diperguruan tinggi dapat dilakukan penelitian tindakan .

            Menurut pengertiannya penelitian tindakan adalah penelitian tentang hal-hal yang terjadi dimasyarakat atau kelompok sasaran dan hasilnya langsung dapat dikenakan pada masyarakat yang bersangkutan. Ciri atau karakteristik utama dalam penelitian tindakan adalah adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan anggoa kelompok sasaran. Penelitian tindakan adalah salah satu strategi pemevahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dalam bentuk proses pengenbangan inovatif yang dicoba sambil jalan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah.

            Penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga kata yang dapat dipahami pengeriannya sebagai berikut:

1.     Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi tertrntu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.

2.     Tindakan adalah sesuatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam penelitian ini berbentuk rangkaian siklus kegiatan.

3.     Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Batasan yang ditulis melumpuhkan pengertian yang salah dan difahami secara luas oleh umum dengan ruangan tempat guru mengajar, kelas bukan wujud ruangan tetapi sekelompok peserta didik yang sedang belajar.



C. Perinsip Tindakan Penelitian

            Sudah dijelaskan bahwa penelitian tindakan dilakukan oleh peneliti atas dasar kesadaran untuk meningkatkan kinerja. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan atas dasar kerelaan. Cirri terpenting dari penelitian tindakan adalah bahwa penelitian tersebut merupakan suatu upaya untuk memecahkan masalah sekaligus mencari dukungan ilmiahnya. Dari cirri tersebut maka penelitian tindakan dapat dilakukan dengan tujuan setting dan lokasinya yang sekaligus tertuang dalam namanya, antaran lain:

1.     Penilaian tindakan partisipatori yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan menekankan keterlibatkan masyarakat agar merasa ikut serta memiliki program kegiatan tersebut serta berniat ikut aktif memecahkan masalah berbasis masyarakat.

2.     Penelitian tidndakan kritis yaitu penelitian yang dilakukan dengan menekan adanya niat yang tinggi untuk bertindak memecah masalah dan menyempurnakan situasi.

3.     Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru ke kelas atau disekolah tempat ia mengajar praksi pembelajaran.

4.     Penelitian tindakan institusi yaitu dilakukan oleh pihak pengelola sekolah sebaai sebuah organisasi pendidikan untuk meningkatkan kinerja, proses dan produktivitas lembaga.



D. Model Penelitian Tindakan

          Dikatakat sebagai kelanjutan penelitian deskriptis karena penelitian tidakan dimulai daru mencari informasi tentang keadaan sesuatu dalam rangka mencari kelemahan dengan mendeskripsikan hal-hal yang terkait dengan kelemahan tersebut. Selama penelitian tindakan berlangsung penelitian mengamai terjadinya tindakan kemudian mendeskripsikan dalam bentuk informasi.

          Selain itu dikatakan juga sebagai kelanjutan penelitian iskspemimen karena tujuan dari penelitian tindakan adalah mengetahui dampak dari sesuatu perlakuan yaitu mencobakan sesuatu lalu dicermati akibat dari perlakuan tersebut. Meruakan kelanjutan karena sesudah diketahui dampak perlakuan, penelitian melanjutkan dengan berpikir tentang perlakuan yang lebih baik, perlakuan tersebut dicermati lagi untuk diketahui dampaknya kemudian peneliti berpkir tentang perlakuan yang lebih baik.
Secara utuh, tindakan yang diterapkan dalam penelitian tindakan kelas seperti digambarkan dalam bagan, melalui tahapan sebagai berikut:
1.     Tahap 1: Menyusun rancangan tindakan dan dikenal dengan perencanaan
Pada tahap ini menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, dimana, ole siapa dan bagaimana tindakan tersebut dilakukan. Dalam tahap menyusun rancangan peneliti menentukan titik-titik atau focus peristiwa yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk diamati, kemudian membuat sebuah instrument pengamatan untuk membantu penelitian merekam fakta yang terjadi selama tindakan berlangsung. Jika yang digunakan dalam penelitian ini bentuk terpisah yaitu peneliti dan pelaksana guru adalah orang yang bebeda dalam tahap menyusun rancangan harus ada kesepakatan antara keduanya. Oleh karena pelaksana guru adalah pihak yang paling berkepentingan untuk meningkatkan kinerja, maka pemilihan strategi pembelajaran disesuaikan dengan selera guru, agar pelaksanaan tindakan dapat terjadi secara wajar.

2.     Tahap 2: Pelaksana tindakan, yaitu implementasi atau penerapan isi rancangan di dalam kancah, yaitu mengenakan tindakan dikelas. Hal yang perlu diingat adalah bahwa dalam tahap ke dua ini pelaksana guru harus ingat dan taat pada apa ang sudah dirumuskan dalam rancangan, tetapi harus pula berlaku wajar. Tentu saja membuat modifikasi tetap diperbilehkan, selama tidak mengubah prinsip.
3.     Tahap 3: Pengamatan, yaitu pelaksanaan pengamatan oleh pengamat, sebelutnya kurang tepat kalau prngamatan ini dipisahkan dengan pelaksanaan tindakan karena seharusnya pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang dilakukan. Jadi keduanya berlangsung dalam waktu yang sama, sebutan tahap ke dua diberukan untuk memberukan peluang kepada guru pelaksana yang berstatus juga sebagai pengamat, ketika guru tersebut sedang melakukan tindakan karena hainya menyatu dengan kegiatan tentunya tidak sempat menganalisis peristiwanya ketika sedang terjadi. Oleh karena itu kepada guru pelaksana yang berstatus sebagai pengamat ini untuk melakukan pengamatai balik terhadap apa yang terjadi ketika tindakan berlangsung, sambil melakukan balik ini guru pelaksana mencatat sedikit demi sedikit apa yang terjadi.
4.     Tahap 4: Refleksi atau pantulan, yaitu kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah terjadi, istilah refleksi seberulnya lebih tepat dikenakan ketika guu pelaksana sudah selesai melakukan tindakan kemudian berhadapan dengan peneliti dan subjek peneliti untuk bersama-sam –mendiskusikan implementasi rancangan tindakan.
            Keempat tahap dalam penelitian tindakan tersebut merupakan satu siklus, yaitu satu putaran kegiatan beruntun dari tahap penyusunan rancangan sampai dengan refleksi yang tidak lain adalah evaluasi.

E. Sasaran Objek penelitian Tindakan
            Sesuai dengan prinsip bahwa ada tindakan yang dirancang sebelunya maka objek penelitian tindakan kelas harup merupakan sesuatu yang aktif dan dapat dikenai akticitas bukan objek yang sedang diam dan tanpa gerak.
1.     Unsur siswa, dapat dicermati objeknya ketika siswa yang bersangkuran sedang asyik mengikuti proses pembelajaran.
2.     Unsur guru, dapat dicermati ketika yang bersangkutan sedang mengajar di kelas, sedang membimbing siswa-siswa yang sedang berdarmawisata dan ketika guru sedang melakukan kunjungan kerumah siswa.
3.     Unsur materi pembelajaran, dapat dicermati ketika guru sedang mengajar atau sebagai bahan yang ditugaskan kepada siswa.
4.      Unsur peralatan atau sarana pendidikan, dapat dicermati ketika guru sedang mengajar, dengan tujuan meningkatkan mutu hasil belajar yang bisa diamati guru, siswa atau keduanya.
5.     Unsur hasil pembelajaran, karena hasil belajar merupakan prosuk yang harus ditingkarkan, pasti terkait dengan tindakan unsure lain, yaitu proses pembelajaran, peralatan atau sarana pendidikan,guru atau sisiwa sendiri.
6.     Unsur lingkungan, baik lingkungan siswa dikelas sekolah, maupun yang melingkungi siswa dirmah
7.     Unsur pengelolaan, yang jelas-jelas merupakan gerak kegiatan sehingga mudah diatur dan direkayasa dalam bentuk tindakan.

F. Penentuan Pendekatan
            Pedekatan penelitian banyak dipengaruhi oleh jenis dan banyaknya variabel tetapi sebaliknya jenis variabel juga dipengaruhi oleh jenis pendekatan, selain pendekatan penelitian ini dipengaruhi oleh banyak dan jenis bariabel tetapi masih ada faktor-faktor yang mempengaruhi jenis pendekatan ini, antara lain:
1.     Tujuan pendekatan
2.     Waktu dan dana yang tersedia
3.     Tersedianya subjek penelitian
4.     Minat atau selera penelitian
            Walaupun masalah penelitiannya sama, tetapi kadang-kadang peneliti dapat memilih satu diantara dua atau lebih jenis pendekatan penelitian yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

G. Survei Sebagai Salah Satu Pendekatan
            Survey bukanlah hanya bemaksud mengetahui status gejala tetapi juga bemaksud menentukan kesamaan status dengan cara membandingkannya dengan standar yang sudah dipilih atau ditentukan, disamping itu juga untuk membuktikan atau membenarkan suatu hipotesis.
            Menurut Van Dalen bahwa studi survei merupakan bagian dari studi deskriptif yang meliputi :
1.     School survey yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan, maslahnya berhubungan denga sitasi belajar, proses belajar mengajar, cirri-ciri persinalia pendidikan, keadaan murid, dan hal-hal yang menunjang proses belajar mengajar.
2.     Job analysis yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai tugas-tugas umum dan tanggung jawab para karyawan, aktivitas khusus yang dibutuhkan,keterlibatan, serta fungsi anggota organisasai, konsisi kerjanya dan fasilitas.
3.     Analisis dokumen istilah lain adalah analisis isi,analisis akticias atau analisis informasi. Digunakan untuk menganalisi buku dengan menghitung istilah, konsep, diagram, table dan  gambar.
4.     Public opinion surveys, survey ini bertujuan untuk mengetahui pendapat umum tentang suatu hal misalnya tentang rehabilitasi suatu bangunan bersejarah, tentang jalan satu jurusan, pemasangan lampu lalu lintas dan sebagainya.
5.     Community survey, bertujuan mencari informasi tentang aspek kehidupan secara luas dan mendalam.
H. Penelitian Penelusuran
            Kegiatan yang ada didalam penelitan ini adalah mengikuti jejak orang yang sudah pergi atau sesuatu yang sudah lewat waktu. Penelitian penelusuran dilakukan untuk mengikuti jejak lulusan sebuah sekolah atau kegiatan lain yang berupa proses.

2 komentar:

  1. Terimakasih untuk artikelnya. Berguna banget. Terus posting ya mas :)

    BalasHapus
  2. Maaf sebelumnya. Apakah boleh tau ini referensi nya dari mana ?
    Terima kasih

    BalasHapus